Tes TOEFL ITP


Mungkin banyak yang sudah tahu tentang TOEFL. Tapi melalui postingan ini, saya ingin berbagi pengalaman ketika saya mengikuti test TOEFL ITP dan tips dari saya belajar sendiri di rumah tanpa ikut preparation class.

Sekilas tentang TOEFL (Test of English as Foreign Language). TOEFL itu terbagi jadi 2 sistem tes, PBT (Paper Based Test) dan iBT (internet Based Test). Nah yang akan saya jelaskan disini adalah TOEFL ITP (Institutional Testing Program) dengan sistem PBT yang fungsinya hanya untuk institutional. Biasanya score reportnya bisa digunakan untuk syarat masuk universitas atau syarat kelulusan atau bisa juga untuk apply beasiswa di universitas dalam negeri. Kalau kalian ingin apply beasiswa ke luar negeri, kalian disarankan ikut TOEFL iBT bukan ITP, walaupun masih ada beberapa universitas di luar negeri yang menerima TOEFL ITP untuk persyaratan admission-nya, karena memang bahasa pengantarnya adalah bahasa lokal Negara tersebut.

Tes nya terbagi dalam 3 section yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expression dan Reading Comprehension. Tes berlangsung selama 115 menit. 35 menit untuk Listening, 25 menit untuk Structure & Written Expression, dan 55 menit untuk Reading. Score tertinggi adalah 677. Rata-rata penyelenggara beasiswa menargetkan minimal score 550. Score terbagi menjadi 4 CEFR Level:

C1 Proficient User (score diatas 627. Warna sertifikatnya Gold)
B2 Independent User (score diatas 543. Warna serifikatnya Silver)
B1 Independent User (score diatas 460. Warna sertifikatnya Bronze)
A2 Basic User (score dibawah 459 – no certificate)

Dalam hal ini, yang menjadi perwakilan resmi ETS di Indonesia adalah IIEF. Namun penyelanggara tes-nya bisa di beberapa tempat, seperti di lembaga bahasa di kampus, penyelenggara kursus bahasa Inggris, dan lain sebagainya. Salah satu penyelenggara tes yang saya pilih untuk ikut tes TOEFL ITP adalah ILP Bintaro. Alasannya simple, karena dekat dari rumah. Harga tes bisa berbeda-beda di setiap tempat penyelenggara tes, tapi perbedaannya harganya pasti tidak begitu jauh.

Penyelenggara tes yang terdekat dari rumah saya ada 2 yaitu ILP Bintaro dan ILP Veteran. Saya sengaja melakukan perbandingan, padahal mereka sama-sama ILP. Perbedaannya ILP Bintaro biasanya hanya menyelenggarakan tes TOEFL ITP sekali dalam sebulan. Sedangkan ILP Veteran biasanya bisa 3 kali dalam sebulan. Tes bisa dilaksanakan kalau memenuhi kuota (minimal 10 orang). ILP Bintaro dan ILP Veteran juga sedikit berbeda dalam proses pendaftarannya. ILP Bintaro minimal 10 hari sebelum hari tes yang sudah ditentukan, sedangkan ILP Veteran minimal 7 hari sebelum hari tes. Di ILP Bintaro, tes diadakan pada siang hari sedangkan ILP Veteran diadakan pada pagi hari. Harganya juga sedikit berbeda. Harga test TOEL ITP bulan Desember 2015 di ILP Bintaro adalah 495.000 sedangkan ILP Veteran adalah 480.000. Hasil tes akan keluar minimal 10 hari setelah hari tes.

Saya akhirnya memilih untuk ikut tes di ILP Bintaro, karena saat saya daftar di Veteran, kuotanya belum memenuhi dan akhirnya tes dibatalkan. Serunya di ILP Bintaro, sehari sebelum hari tes, mereka mengadakan semacam try out, tips & trick untuk semua peserta tes. Sangat membantu.

Menurut saya, sistem tes TOEFL itu lebih fokus ke susunan dan tatanan bahasa (grammar). Berbeda dengan IELTS yang lebih fokus ke konteks bahasa dan lebih berhubungan dengan kebutuhan bahasa sehari-hari. Tapi kuncinya tetap sama. Belajar dan latihan. Berikut tips & trick singkat dari saya sebelum ikut test TOEFL ITP, versi saya sendiri:
  • Terbiasa berbahasa Inggris saja tidak cukup. Belajar grammar itu penting. Sadar atau tidak, saya belajar bahasa Inggris sejak SD, tapi sampai sekarang pun masih 'blepotan' bicara dalam bahasa Inggris dan masih berantakan dalam menulis teks bahasa Inggris. Saya pun masih dan akan terus belajar. Intinya, jangan pernah puas dengan kemampuan diri sendiri. Sama seperti teknologi, bahasa juga berkembang. 
  • Jangan merasa cukup karena sudah biasa menulis, dan membaca bahasa Inggris. Tes TOEFL itu sifatnya lebih akademis. Kalau merasa perlu dan memiliki uang lebih, lebih baik ikut preparation class / TOEFL preparation course supaya hasilnya juga maksimal. Walaupun mungkin ITP relatif lebih mudah dibandingkan iBT, tetap saja persiapan yang matang sebelum hari tes itu penting. 
  • Sebagai referensi kalau ingin belajar sendiri di rumah, buku yang saya pelajari sebelum ikut tes adalah: Longman Complete Course for the TOEFL® Test. Kalian bisa email saya untuk minta link-nya. Isi buku ini sangat membantu untuk proses belajar. Banyak contoh-contoh soal yang bisa dijadikan latihan, lengkap dengan tips menjawab soal, answer sheets, exercise, dan penjelasan materi dari soal-soal tersebut. Sangat sangat recommended! Sebagai tambahan saya juga baca buku Things Your English Books Don’t Tell You. Buku ini menyampaikan materi bahasa Inggris secara fun dan isinya sesuai dengan judul bukunya. Banyak hal-hal yang berguna untuk menambah pengetahuan kita. Banyak idiom dan slang yang sangat common digunakan. Sifatnya hanya selingan.
  • Kalau kebetulan punya teman native speaker, banyak-banyak diskusi soal bahasa Inggris. Jangan malu untuk buat salah. Belajar itu proses. Pada akhirnya bahasa Inggris yang kita pelajari bertujuan supaya apa yang kita bicarakan & kita tulis bisa dimengerti oleh native speaker dan yang bukan native speaker. 
  • Banyak-banyak latihan melalui pre-test dan latihan soal yang ada di buku, lalu ukur kemampuan sendiri, di section mana kita merasa perlu lebih difokuskan. Kalau kita merasa kurang di Listening, fokuskan 1 bulan hanya untuk latihan Listening tapi tetap juga latihan di section yang lain. 
  • Selama kurang lebih 3 bulan saya mempersiapkan diri, saya membuat jadwal belajar untuk diri sendiri. Misalnya setiap malam saya belajar dari jam 7 sampai jam 10 malam setiap pulang kantor, Senin - Jumat. Bikin komitmen untuk diri sendiri. Jangan pressure diri sendiri untuk belajar setiap hari. Saya belajar intensif setiap hari hanya saat 2 minggu sebelum hari tes. 
  • Berdoa. Percaya kalau hasil tidak akan pernah menghianati usaha. 

LISTENING Tips: banyak cara untuk latihan listening. Salah satunya dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris, menonton film/TV series berbahasa Inggris dengan subtitle English atau bahkan latihan tanpa subtitle. Atau, banyak dengarkan lagu berbahasa Inggris dan pahami setiap liriknya. Tidak ada cara lain selain terbiasa. Dalam TOEFL test biasanya percakapannya tentang campus-life, suasana di kelas atau dialog yang sifatnya akademis.

STRUCTURE & WRITTEN Tips: saya pribadi sangat lemah di section ini. Kuncinya hanya belajar materinya dan latihan. Belajar struktur kata, preposition, tenses, grammar, dsb. Saat test sering muncul soal-soal yang ‘menjebak’. Banyak-banyak belajar menulis essay dan double check lagi grammarnya, struktur kalimatnya, preposition-nya, dsb. Tips dari saya, teliti dan fokus.

READING Tips: saat test, masalah buat saya di section reading adalah soal waktu. 55 menit akan terasa sangat singkat karena di section ini, kita harus terbiasa membaca dan mengambil inti dari bacaan kita dengan cepat. Banyak-banyak baca artikel/berita berbahasa Inggris. Luangkan waktu setiap pagi, membaca artikel di Jakarta Post dan jika ada kata-kata baru yang belum kalian ketahui, cari tahu arti dari kata tersebut dan cara penggunaannya. Selain kita jadi up-to-date, nambah kosakata juga kan setiap harinya?

Saat kalian sudah dapat certificate TOEFL nya dan merasa perlu additional score report, kalian bisa print ulang hasil TOEFL kalian. Harganya 200 ribu untuk 2 lembar. Caranya kalian bisa hubungi penyelenggara tes atau kalian bisa telepon ke IIEF Jakarta di nomor 021-8317330 untuk tanya-tanya. Prosesnya sekitar 5 hari kerja.

If you reading this, you have my support and I wish you success on the test! Good luck! ^^

Comments

  1. Mau donk pdf longmannya. Udah nyari nga ketemu2..
    Tolong di email ya ke tetisdewi@gmail.com
    Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan infonya sgt menginspirasi! Blh minta link nya jg? Ameliyatugas@gmail.com. thanks :)

      Delete
    2. Malam mas randy, nama saya ghifary, saya boleh minta longmannya? Saya perlu buat persiapan toefl utk melamar kerja. Email saya mghifary195@gmail.com
      Terimakasih mas Randy.

      Delete
  2. saya boleh minta pdf longmannya
    tolong email ke windiwijayahuang@gmail.com
    thanks ya :)

    ReplyDelete
  3. Halo, blh minta pdf nya juga? andrekumurur@gmail.com

    Thanks ya :)

    ReplyDelete
  4. Hay, kak boleh minta pdf longman nya gak..
    ilhamwibowo33@gmail.com

    Terimakasih

    ReplyDelete
  5. broh mau tanya itu berlaku sertifikat nya berapa lama ya?

    boleh minta e-book longman nya masbroh?

    please kindly send it to djollypranata.t@gmail.com

    Thanks in advance ya mas broh,

    ReplyDelete
  6. kak, sertifikat di ILP udah resmi dr ETS belum ya? terimakasih :)

    ReplyDelete
  7. kak, sama sekalian boleh minta longmannya? email aku alipnurwahyuni@gmail.com, thankyou so much kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Alip :)
      Ngga usah khawatir. Sertifikatnya resmi kok dari ETS.
      barusan udah di-email ya Longman nya. coba dicek.

      Delete
  8. Waaah, oke kak rencananya mau ikut di ILP juga, tapi khawatir belum dr ETS, karena buat syarat sidang di kampusku harus ETS sertifikatnya. Terimakasih banyak buat jawaban dan Longmannya ya ;))

    ReplyDelete
  9. Haii Randy saya sy boleh minta Longmannya? itu sama test buat listeningnya juga gak? tolong diemailkan ke novaliaidie91@gmail.com ya... Terima Kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga Novalia.
      iya itu sama audio nya juga. tapi bukan Longman terbaru sih.
      sudah di-email ya :)

      Delete
  10. broooh boleh minta link nya ga? kirim ke pino_potter@yahoo.com makasih yaaaaaaaa

    ReplyDelete
  11. Halo mas bisa saya minta dikirimkan link pdf longman nya ke sarahaudia4@gmail.com. Thanks a lot yaa

    ReplyDelete
  12. Haloo mas randy.. boleh saya minta dikirimkan longmannya juga ke email snurhayatih@gmail.com Terima kasih ya. .

    ReplyDelete
  13. Mas , makasih infonya. Boleh minta longman nya ini email saya melakamel93@gmail.com

    Terimakasih banyak yahh

    ReplyDelete
  14. Halo mas bisa saya minta dikirimkan link pdf longman nya ke sarahaudia4@gmail.com. Thanks a lot yaa

    ReplyDelete
  15. Mas boleh minta pdf LONGMAN nya mas, buat siap siap tes TOEFL ITP ni, kirim ke kharismautomo.m@gmail.com dan ahmad.radith.ya@gmail.com , thanks berat mas

    ReplyDelete
  16. Halo Mas Randy, saya juga berminat PDF nya longman, minta tolong kirim ke email andrymayer7@gmail.com makasih :)

    ReplyDelete
  17. Halo Mas Randy, saya juga berminat PDF nya longman, minta tolong kirim ke email andrymayer7@gmail.com makasih :)

    ReplyDelete
  18. Mas mau dong link pdf longman nya, saya mau belajar juga krna barusan saya ikut tes Toefl prediction hasilnya rendah banget. Tolong ya mas hengkisianturi6@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di-email ya link-nya. Good luck! :)

      Delete
  19. Halo, boleh saya minta link pdf longmannya?
    Ini email saya, ranyrullah@gmail.com

    Terimakasih yaa :)

    ReplyDelete
  20. Halo kak, saya jg mau minta link pdf longmannya dong, buat persiapan tes itp boleh tidak? Email saya ganadevan13@gmail.com terimakasih :)

    ReplyDelete
  21. Halo kak, boleh minya pdf longmannya ka,
    Ini email saya ka, abdulazis.uinjkt@gmail.com
    Thanks


    Kind regards
    Azis

    ReplyDelete
  22. hai mas randy bisa minta file pdf longman nya:) email saya winardifound@gmail.com

    ReplyDelete
  23. Halo Mas Randy, terimakasih sudah berbagi cerita.. boleh share pdf longman nya di email saya hamdiarfa90@gmail.com tks

    ReplyDelete
  24. Halo Mas..
    boleh dong share pdf longmannya di anissyulia@gmail.com

    terimakasih banyak...

    ReplyDelete
  25. halo kak Randy,

    mau dong di email link longman nya. kebetulan mau tes di ILP bintaro juga nih. dhiel35@gmail.com

    makasih kaka

    ReplyDelete
  26. oiya kak, BTW penilaian menjawab TOEFL itu sistem nya pake salah minus 1, bener plus 2 gitu gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga.
      Engga kok. kalau ngga dijawab atau salah, poin ngga berkurang. Usahain aja jawab semua.

      Link nya sudah di-email ya :) Good luck!

      Delete
  27. Bolehkah email ke sofiaqudical96@gmail.com untuk linknya?

    ReplyDelete
  28. boleh email linknya ke anggy.marta@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  29. bisa saya minta dikirimkan link pdf longman nya ke
    mimi.jumiati.abs123@gmail.com
    Thanks a lot yaa

    ReplyDelete
  30. Wah boleh nih pdf longman nya buat belajar
    Panjisetiyasa@gmail.com
    Thanks yaw

    ReplyDelete
  31. boleh email pdf longman nya mas randy ke
    tika.destrina@gmail.com
    Thanks yah

    ReplyDelete
  32. Hallo Kak Randy
    Salam Kenal

    Kak saya boleh minta dikirimkan link pdf longmannya juga donk kak
    ke hafniapril1993@gmail.com

    Nuhun kak

    ReplyDelete
  33. Halo kak...
    gery.pamungkas@yahoo.com
    Boleh ya minta longmannya
    Thanks ya..
    Sukses selalu..

    ReplyDelete
  34. Kak aku mau juga dong pdfnya sundariandromeda@gmail.com

    thx kak

    ReplyDelete
  35. Ka randy mau kirimin longmannya ya
    Ke email aku savitriannisa@yahoo.com
    Mksh ka 😊

    ReplyDelete
  36. Pencerahaaan... 😭😭😭😭
    Makasih info nya.... kak randy sy mau lah longmannya.. email sy cik.sasmi.b@mail.ugm.ac.id... makasih sblm nya ka

    ReplyDelete
  37. ka....boleh minta longman nya? ke email sya ya aydi.of.me@gmail.com
    makasih ya kak

    ReplyDelete
  38. Mas, saya juga minta ya buku longman-nya dikirim ke mia.shira@gmail.com...

    Kalau ILP Bintaro ada preparation nya gak ya ? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga pernah ikut preparation sih. tapi di ILP ada kelas preparation kok.

      sudah di-email ya Longman nya.

      Delete
  39. kak mau nanyaaa (lagi)... sertifikatku hilang kaa... pdhal blm sempet ke pake... skor nya jelek sih 443.. kan tes d ugm nih katanya ga bs cetak lagi... klo mnta cetak ke IIEF bsa kah... mau kepake ny tgl 15 juli deadline nya... (mnta pencerahan lagi ka) hik

    ReplyDelete
    Replies
    1. sempet di-scan? soalnya pas minta print ulang ke IIEF harus email scanned score report & bukti transfer nya.

      Delete
    2. Assalamualaikum mas mau link pdfnya..kirim k email ini ya aprilianisari16@gmail.com terimakasih

      Delete
  40. saya boleh minta pdf longmannya
    tolong email ke untung85@gmail.com
    thanks ya :)

    ReplyDelete
  41. mas, saya boleh minta pdf longmannya.
    minta tolong email ke lindameganita@gmail.com
    maaf merepotkan. terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  42. halo kak, boleh minta link pdf longmannya..

    rarafafara@yahoo.com

    terima kasih :)

    ReplyDelete
  43. Assalamualaikum mas mau mnta pdfnya.kirim k email ini aprilianisari16@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam :)
      sudah di-email ya.

      Delete
  44. Assalamu'alaikum mas randy, boleh minta kirimin link pdf nya dong ke email saya aditya.pra03@gmail.com
    Thanks.

    ReplyDelete
  45. Halo Randy, nice info untuk kita yang mau tau tentang toefl. Kalau berkenan, kirim pdf ke oky.deradjat@gmail.com terima kasih sebelumnya ya

    ReplyDelete
  46. Hai Mas Randy... Kindly send pdf Longman-nya ke orchidroom2005@gmail.com ya Mas. Tengkyu... ^^

    ReplyDelete
  47. Dear Mas Rendy,
    Terimakasih atas sarannya....mohon sekali kalo boleh minta longman e teukuputra.anggara@gmail.com. Toloong bgt ya mas.
    Thanks a lot :)
    Regards

    ReplyDelete
  48. Selamat siang mas, boleh minta pdf longman ke email deddyfajar@outlook.com . Terima kasih banyak mas

    ReplyDelete
  49. Mas tolong emailin ke saya ya longmannya
    Dian.pratiwi31@gmail.com
    Makasih yaa

    ReplyDelete
  50. Selamat pagi mas, bisa minta juga pdf longmannya ke email tyra.anjani@gmail.com
    terima kasih banyak sebelumnya mas randy.

    ReplyDelete
  51. Wuah nice info Mr Randy :)
    It's very useful for the beginner who want to do the TOEFL test like me hehe
    And I couldn't agree more with you that we must learn more and practice even if we can speak or just write in English.

    Last, please kindly send the link of longmand pdf to sitifaridah.sf@gmail.com

    Thank you

    ReplyDelete
  52. Bisa minta juga ga longman nya hehehe kirim ke pulumuham26@gmail.com

    Makasih mas randy!!

    ReplyDelete
  53. Wah boleh tuh mas buku longman, apakah bisa tolong kirim ke email saya ferry.ramdhani.16@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dong. sudah di-email ya :)

      Delete
    2. Iya sudah diterima email nya. Makasih ya

      Delete
  54. Minta tolong di email juga dong gan materi persiapan tes-nya ke alamat : aditrivium@gmail.com

    Thanks gan

    ReplyDelete
  55. Halo kak. Salam kenal.
    Infonya sangat membantu nih.
    Kak, aku boleh minta juga ya file pdf Longman nya.
    Email ke aku please :
    sonyapandiangan92@gmail.com

    Terima kasih ☺

    ReplyDelete
  56. Selamat siang.
    Terimakasih untuk sharingnya mas.
    Aku boleh minta file longman-nya ga mas ke e-mail aku rienny.sianipar@yahoo.com
    Terimakasih banyak mas πŸ˜€πŸ˜€

    ReplyDelete
  57. hallo randy, boleh tanya kalo biaya toefl preparation di ilp berapa ya? dan jangka waktunya brp lama? trs boleh minta dikirim file longman nya ke elyn.herlina@yahoo.com
    makasih banyak... :)

    ReplyDelete
  58. ok, makasih ...

    ReplyDelete
  59. Hai kak boleh minta di kirim link longman nya? Kthenesia@yahoo.com :) oiya kalo ikut tes di ILP apakah harus les disana?
    Lalu apakah ILP menyediakan tes untuk IBT juga? Thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai :) sudah di-email ya Longman-nya.
      untuk ikut tes TOEFL ITP di ILP ngga harus les disana kok.

      kalau iBT, coba kamu buka situs penyelenggara tes yg resminya: http://www.itc-indonesia.com

      Delete
  60. Hai kak, thanks buat sharing tentang TOEFL-nya, sangat membantu :)
    boleh kah aku mendapatkan link longman-nya? kakak bisa kirim ke opaaufa@rocketmail.com terima kasih banyak kak

    ReplyDelete
  61. Halo, terima kasih untuk sharingnya, bermanfaat sekali.
    Boleh sekalian dikirim link longmannya ke regibuzz@gmail.com ? thanks :)

    ReplyDelete
  62. halo kak, tips dan saran yang bagus bgt.. boleh minta link pdf nya kak? email saya arif.delicious@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  63. boleh dong di share...cristcross71@gmail.com

    ReplyDelete
  64. nice thread ! assik jg kalau boleh minta pdfnya ke farqolith@gmail.com

    ReplyDelete
  65. Halo kak randy, boleh minta link pdf Longman nya dan kirim ke email dindatri07@rocketmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  66. Mas Randy yang baik, saya juga boleh minta pdf longmannya kah?? Email saya arimadona24@gmail.com

    Terimakasih banyak sebelumnya. Suwun ����

    ReplyDelete
  67. Boleh minta link nya? Ke email millian.rizquita@yahoo.com atau ke millianrizquita09@gmail.com terimakasih:)

    ReplyDelete
  68. Mas, boleh minta pdf longmannya?
    Kirim ke ifwanmaulana@gmail.com ya mas. Makasih sebelumnya mas

    ReplyDelete
  69. selamat siang mas randi
    tanggal 12 Agustus nanti saya mau tes
    mengenai kualitas rekaman toefl nya gimana yah?
    Karena saya sudah beli beberapa buku untuk latihan TOEFL, ternyata kualitas audionya kurang memuaskan.

    o ya, aku boleh minta juga file longmannya
    ke christofor_daniel99@yahoo.com

    Terima Kasih banyak

    ReplyDelete
  70. Siang Mas Rendi,

    Jika berkenan saya boleh dong dikirim juga file pdf Longman nya ke alamat suryo.hartono@gmail.com , untuk latihan.

    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  71. Kak boleh minta link nya? terimakasih sebelumnya kak :)
    arifa.nuryani@gmail.com

    ReplyDelete
  72. Maaf kak, saya juga mau minta linknya dong :)

    evanenza@gmail.com

    ReplyDelete
  73. Boleh dong sy diimelkan juga file pdf longman nya ke heny.lusianti@gmail.com
    Thanks

    ReplyDelete
  74. kak saya jg mau link nya dong hehe vitarestiyantin@gmail.com makasih kak

    ReplyDelete
  75. Assalamu'alaikum mas randy, boleh minta kirimin link pdf Longman nya ke email saya sari.inalurita@gmail.com. thanks

    ReplyDelete
  76. halo kak , ini berguna banget bagi saya yang kbetulan mau tes toefl . boleh minta kirimin link pdf longman nya ke email saya tazkia3007@gmail.com . terima kasih ka

    ReplyDelete
  77. Hii,,
    boleh minta link longmannya kah? kalau boleh bisa dikirim ke travelmasitda@gmail.com thanks yaa

    ReplyDelete
  78. selamat sore mas randy
    ri jg mau pdfnya donk mas
    ne email ri
    rhee.rhe3@gmail.com
    makasi banyak sebelumnya mas
    moga kebaikan mas di bls sma Yang Maha Kuasa
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin!
      udah di-email ;) semoga bermanfaat ya.

      Delete
  79. mas, bisa minta link longman-nya? ke ferrytriana@gmail.com trimakasih ya.

    ReplyDelete
  80. makasih blognya bermanfaat bgt. mas minta kirim ya ke vhieanthy@gmail.com link longmannya makasih

    ig:alfrietasm

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih :)
      udah dikirim ya link-nya ya

      Delete
  81. sorry nih kok anynomous ga ngerti knp? ig typo : alfriestasm, salam kenal ya

    ReplyDelete
  82. hallo mas randy,
    postingannya bermanfaat banget,
    aku boleh minta link atau kirim pdf longmannya ke email okie.green1@gmail.com

    terima kasih mas 😊

    ReplyDelete
  83. haloooooo Mas Randy, baca blog nya guna bangeeet!
    minta tolong link/pdf longmannya ke email aku: metaaams@gmail.com
    Makasih ya! :)

    ReplyDelete
  84. Halo Mas Randy! guna banget rasanya nemu blog ini...
    makasih yah infonya!
    minta tolong kirimin link/pdf longmannya ke email aku: metaaams@gmail.com
    Terimkasih ya mass :):)

    ReplyDelete
  85. Kak randi, boleh minta link pdf longmannya? Email aku : anggie.10021993@gmail.com
    Terimakasih kak.

    ReplyDelete
  86. kk Randy, aku juga mau dong link logngmanya, email aku :yefisimei@gmail.com
    makasih kak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. failure. salah mungkin emailnya. ada email yg lain?

      Delete
  87. Saya mau minta pdfnya juga boleh? arsykarimazahra@gmail.com
    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  88. Assalamu'alaikum kak, saya boleh minta pdf longmannya juga? Email ke ceriaputris@gmail.com. terimakasih:)

    ReplyDelete
  89. Assalamu'alaikum kak, saya boleh minta pdf longmannya juga? Email ke ceriaputris@gmail.com. terimakasih:)

    ReplyDelete
  90. malem mas, boleh dibantu share link longmannya ke email pristyadi.adefemia@gmail.com terimakasih sblmnya

    ReplyDelete
  91. ka boleh minta pdf longman nya.
    Terimaksih..

    ReplyDelete
  92. Haloo randy, boleh minta pdf longmannya? bisa dieemail ke dewilestari2392@gmail.com
    terima kasih....

    ReplyDelete
  93. Assalamu'alaikum, makasih banyak kak infonya, kak boleh minta pdf longmannya send ke oktareniara@gmail.com kak
    Makasih...

    ReplyDelete
  94. halo randy boleh minta pdf longmannya kirim ke rindara@live.com? terimakasih :)

    ReplyDelete
  95. Halo randy, terimakasih infonya:) kalo boleh sekalian mau minta link pdf longmannya ke rohmadianio@gmail.com terimakasih banyaaak:)

    ReplyDelete
  96. Halo mas randy, sy tertarik dengan materi longman nya..minta bantuan untuk dikirimkan ke alamat email sy di james.andrian.andrian02@gmail.com.
    Sy sudah daftar tes di ILP Pancoran tgl 3 Sept 2016 besok..biar bisa semakin intens. Terima kasih.

    ReplyDelete
  97. ka boleh minta link nya? bisa di email ke larasatisjein@yahoo.com makasih☺️

    ReplyDelete
  98. boleh minta di email juga ke duja.83@gmail.com
    trimakasih mas

    ReplyDelete
  99. Hallo aku mau dong ebooknya, tolong email ke talitharamanda@gmail.com makasihhh ;)

    ReplyDelete
  100. kak, boleh minta ebook longmannya? tolong kirimkan ke 371.fairy@gmail.com
    terimakasih kak

    ReplyDelete
  101. halo, boleh minta diemailkan ebooknya dong...
    boleh dikirimkan ke najjahulimtihan@gmail.com
    terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  102. Hi, Randy. Salam kenal :) Boleh tolong kirimi PDF Longman ke email saya; yuniartyhan@gmail.com? Terima kasih. Sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, salam kenal jg :) sudah di-email ya.

      Delete
  103. Mau jg pdf longman nya.
    Please kindly send to me ya mamasjokoharyanto@gmail.com
    Thx

    ReplyDelete
  104. Tips.yang bagus bang Randy. Ditunggu tips tes TPAnya. Bagi link longmannya ya bang, tolong kirim ke ronaldendiho@gmail.com. makasih

    ReplyDelete
  105. Hallo kak, minta dikirim juga dong PDF nya ke ad93elia@yahoo.com, terimakasih

    ReplyDelete
  106. Hi, mas randy! Berguna bgt tipsnyaa.. Pas bgt aku lg bingung apa yg hrs aku siapin untuk toefl. Hehe, kalau Mas tdk keberatan boleh kah aku minta link pdfnya juga mas 😁? Kalau boleh bisa dikirimkan ke alamat e-mailku di dindabelasky@gmail.com. Terima kasih sebelumnya ya Mas Randy πŸ™πŸ™...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! seneng kalau seandainya bisa sedikit ngasih pencerahan. udah di-email ya. semoga bermanfaat :)

      Delete
  107. hi, nama gw ruth,

    gw boleh minta dikrimin ebook longmannya?
    ke manurung.ruth@gmail.com

    terimakasih

    ReplyDelete
  108. Hay...
    Boleh minta dikirim link pdf Longman nya kaa.. Ke atunnisalutfi74@gmail.com

    Terimakasih

    ReplyDelete
  109. Halo kak, mau ikutan minta dikirimin file pdf longman nya boleh...?

    ReplyDelete
  110. Halo kak, mau ikutan minta dikirimin file pdf longman nya boleh...?
    ke dhikabarus@gmail.com
    Trimakasiiih

    ReplyDelete
  111. Mas, saya brminat matri toefl nya. Email saya maman.sudar@gmail.com

    Trima ksih sblumnya gan, salm knal dari saya

    ReplyDelete
  112. Halo MAs Randy, Boleh minta link untuk longman nya? email saya vina_aina@yahoo.com Terima Kasih Banyak mas Randy:)

    ReplyDelete
  113. Hi Mas Randy
    thanks for sharing, boleh minta link Longman ... donk, thanks (martua.sitorus@gmail.com)

    ReplyDelete
  114. Hai Randy, terima kasih ya udh ngeshare pengalamannya...sangat memberi pencerahan sekali kepada saya... boleh minta tlong kirim link pdf longman nya ke email saya : rahayusucip@gmail.com. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  115. salam kenal mas randy , terimakasih untuk tips tipsnya. kalo boleh mau ikutan jg dikirimin materinya ke email faridafitrik@gmail.com . Terimakasih ^^

    ReplyDelete
  116. Sangat membantu blognya buat yang mau tes toefl.
    Mau juga dong link pdf longman nya dikirim ke nikmahannisa12@gmail.com
    makasih banyak ^^

    ReplyDelete
  117. wah makasih banyak mas randy atas tips nya. mau juga dong kirim link nya ke : iis.elisah@gmail.com
    terima kasih banyak

    ReplyDelete
  118. mas Randy salam kenal, saya putri
    makasih info dan tipsnya, manfaat banget
    saya boleh minta link longmannya ?
    email : pooee3@gmail.com

    Terima kasih banyak :)

    ReplyDelete
  119. Halo Mas Randy, terimakasih untuk info dan tipsnya yang sangat bermanfaat :D
    Boleh minta link untuk longman nya? email saya rassadler@gmail.com Terima Kasih Banyak mas Randy:)

    ReplyDelete
  120. Terimakasih untuk ulasan dan tips yang bermanfaat.. Salam kenal mas randy.. Boleh mnta link utk longman nya ke email steffimedia04@gmail.com.. Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  121. Terimakasih untuk ulasan dan tips yang bermanfaat.. Salam kenal mas randy.. Boleh mnta link utk longman nya ke email steffimedia04@gmail.com.. Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  122. Bang bagi link nya : ww.rahmayani@gmail.com.
    Thanks,

    ReplyDelete
  123. Mas Boleh dishare pdf longmannya + audio nya + kunci jawaban soalnya ya.

    Trimakasih

    ReplyDelete
  124. oh ya alamat email saya: taufik.akbar0612@gmail.com

    ReplyDelete
  125. Halo kak Randy, boleh minta pdf longmannya? email aku r.salza@yahoo.com thank you kak sebelumnya :)

    ReplyDelete
  126. Halo kak Randy boleh minta pdf longmannya? email aku r.salza@yahoo.com thank you kak ditunggu pdf nya kak :)

    ReplyDelete
  127. Assalamualaikum, Mas Randi. Saya juga ingin pdf longman-nya. Jika berkenan mohon dikirimkan ke email istiningdiah@gmail.com ya. Thanks in advance

    ReplyDelete
  128. Kak makasih banget inponya.. eniwei bole minta pdf longman nya kak hehe ke dewi.hapsari94@gmail.com
    Thanks!!

    ReplyDelete
  129. assalamualaiku mas randy, saya juga mau dong kirimin longmannya ke email fadlialrisyad@yahoo.com terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. emailnya failure. ada email yg lain?

      Delete
  130. Hi Randy,

    Boleh tolong share juga ke email gue ya untuk link pdf nya. raefan.amriel@gmail.com

    Thank you :)

    ReplyDelete
  131. Hi Randy, terima kasih info-nya. sangat berguna untuk persiapan tes..

    btw, boleh saya minta juga link pdf Longman-nya?
    please email me to rini.mrican@gmail.com

    terima kasih ya :)

    ReplyDelete
  132. Kak Randy saya juga mau pdf longman nya, kirim email aku ya rizkaagn2508@gmail.com

    Makasih Randy yg baik hati :))

    ReplyDelete
  133. mau juga dong mas PDF nya.

    abh.phy@gmail.com

    ReplyDelete
  134. Hi mas, kalo gak keberatan mau juga dong PDF nya. syiam.wardana@gmail.com

    Thanks a lot mas

    ReplyDelete
  135. Hai kak Randy, aku juga mau dong PDF nya, esly_8196@yahoo.co.id
    Makasih yaa!

    ReplyDelete
  136. Halo mas, saya blh minta pdf bukung longmann ke suciati.andayani@gmail.com terima kasihh :))

    ReplyDelete
  137. Hallo mas. Salam kenal.
    Mas boleh minta file pdf longman dan audionya? Tolong kirim ke septi579maulani@gmail.com
    Terima kasih mas. Semoga berkah. Amin 😊

    ReplyDelete
  138. Mas, saya mau juga link pdf + audio longman ny..
    Tlg krm ke a.wardah@yahoo.com ya mas.. Jazakallah

    ReplyDelete
  139. mas rendi salam kenal, saya jadi termotivasi lagi untuk mengikuti toefl setalah membaca blog ini. dan saya ingin meminta bahan pelajaran yang longman.. karena buku yg ada saat ini belum cukup bagi saya. terimakasih banyak dan sukses selalu

    ReplyDelete
  140. rizkikurni2601@gmail.com
    maaf saya lupa

    ReplyDelete
  141. hi mas Randy,salam kenal. Ngerasa terbantu banget sama tulisan mas Randy soal dunia per-TOEFL an :D
    Btw, boleh dong share link Longman nya via email ikakristanti15@gmail.com

    Thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, salam kenal :)
      udah di-email ya

      Delete
  142. Hallo mas rendy,
    Saya mau minta pdf nya dong email: riorenaldie@gmail.com

    Semoga kebaikan kembali lagi ke mas rendy
    Terimakasih

    ReplyDelete
  143. Malamm kaa
    Aku minta pdfnya ka kirim
    Ke assamiiramadhani23@gmail.com

    Makasi yaa ka infonya bermanfaat banget ��

    ReplyDelete
  144. Mas Randy, saya mau juga link pdf + audio longman nya..
    Tlg krm ke sukriadi2009@gmail.com ya mas.. thanks

    ReplyDelete
  145. Mas Randy, saya mau juga link pdf + audio longman nya..
    Tlg krm ke sukriadi2009@gmail.com ya mas.. thanks

    ReplyDelete
  146. Hallo mas randy boleh minta link pdf+audio longmannya? Soalnya aku mau tes akhir bulan in *mepet banget sih ��
    Ini emailnya tiaramenaz@gmail.com
    Makasih ya mas :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dong. udah diemail ya :) good luck for the test!

      Delete
  147. Hallo kak Randy. Saya minggu depan ikut tes TOEFL ITP juga di ILP Bintaro, kalau boleh saya mau minta link pdf + audio longmannya. Makasih sebelumnya!

    afindaputri@gmail.com

    ReplyDelete
  148. Siang Mas Rendi,

    Jika berkenan saya boleh dong dikirim juga file pdf Longman nya ke alamat fathiavidyasari@gmail.com , untuk latihan.

    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  149. saya jg mau test toefl nih,boleh saya minta file pdf toefl dan audionya untuk belajar?, kalo boleh tolong kirimin ya ke aniswin2@gmail.com terimakasih :)

    ReplyDelete
  150. Mas randy..saya sudah ada sertifikat toefl dari ILP. Tp udh mau habis masa berlakunya. Apa bisa diperpanjang atau tes lagi ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setauku TOEFL ITP ga ada masa berlakunya. Cuma kalo udah 2 tahun yg lalu tesnya, ya mending tes lg aja.
      Kayaknya sertifikat bahasa apapun ngga ada deh yg namanya perpanjangan. CMIIW.

      Delete
  151. halo kak randy..

    saya juga mau toefl nih di ilp..buat syarat sidang..
    mau tanya,maksudnya kalo yang CEFR Level dibawah 459 no certificate itu apa ya? apa kalo score toeflnya nanti misalnya hanya 430 gak dapet sertifikat toefl ets nya gituu?
    terus sekalian minta longmannya ke nurfitriadh@yahoo.co.id yaaa hehehe..

    makasih sebelumnya kak~~ :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. kalo scorenya dibawah 459 ngga dapet sertifikat.
      coba deh ikut toefl prediction-test. suka ada yg gratis. buat simulasi suasana tes & ukur score. cocok juga untuk ukur kemampuan & latihan buat yg belum pernah tes sama sekali.

      Delete
  152. siang mas Rendi

    jika berkenan tolong dikirim dong file longman nya ke
    Ferdinand_sihombing@yahoo.co.id

    makasih

    ReplyDelete
  153. Hallo mas Randy salam kenal
    Bisa share longmannya ke mozartaprilliza@gmail.com
    Thanks

    ReplyDelete
  154. salam, wah thanks banget sama infonyaa.. hehe mau ikutan minta di email in yaa.. nuryunita94@gmail.com

    ReplyDelete
  155. Hallo kak randy, boleh minta link pdf and audio longman nya ? Aku rencana bulan depan mau test.
    Kolo boleh tolong kirim ke email ini ya kak, fildzahkhairinanisa@gmail.com

    Makasih ya kak :)

    ReplyDelete
  156. Assalamu'alaikum
    Boleh tolong dikirim longmannya?sekiranya berkenan tolong kirim ke isnanisasi@gmail.com ya...
    Makasi banyak πŸ˜„πŸ˜„

    ReplyDelete
  157. Halo mas . kalo berkenan minta tolong kirim ke email : awanjunditiawan@gmail.com makasih byk��

    ReplyDelete
  158. Halo kak, jika berkenan saya ingin pdf ebook longman nya ke email: sitikulsumpsuryana@gmail.com terima kasih :)

    ReplyDelete
  159. Halo Kak, aku jg mau eBook long man nya boleh Kak? Email aku imam.syuhadaaa@gmail.com Kak, makasih ya kak

    ReplyDelete
  160. Halo kak, boleh tolong kirim juga ga longmannya ke marcellusarnold@yahoo.com? terima kasih banyak atas bantuannya kak :D

    ReplyDelete
  161. Hai kak randy :)
    Boleh tolong kirimin juga longmannya ke email aku? Rizenfant@gmail.com
    Makasih kak

    ReplyDelete
  162. Hi Kak randy
    Boleh tolong kirim ke Yolanda.muliana@gmail.com
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  163. Mas randy, saya mau juga pdf longmannya lisahidayatidnr@gmail.com
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  164. Salam Mas Randy, salam kenal. Boleh tolong kirim juga pdf + audionya ke email donieadhitia@gmail.com . Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  165. halo.
    boleh tolong kirim juga pdf longman nya siskawahyuningrum@gmail.com

    Terimakasih

    ReplyDelete
  166. Halo kak, saya juga mau pdf longman nya hehe, tolong kirimkan ke nabilans14@yahoo.com ya.. Thank you!

    ReplyDelete
  167. Halo, boleh minta kirim pdf longmannya ke shitashitash@gmail.com

    Terima kasih banyak :)

    ReplyDelete
  168. mas mending di buat di drive , di buat open public jadi tinggal download doang . heheh.

    tapi kalo enggak ya kirim gan kemari : rahmanhakim1995@gmail.com

    ReplyDelete
  169. Salam kenal Mas Randy.
    Senang baca tulisannya, mencerahkan. Boleh minta file pdf longman dan audionya? Bisa kirim ke mr.wahyu.ap@gmail.com

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  170. Assalamualaikum, Mas Randi. Saya juga ingin pdf longman-nya. Jika berkenan mohon dikirimkan ke email gilanganandap@gmail.com ya. Thanks in advance

    ReplyDelete
  171. boleh minta juga pdf longman nya tolong kirim ke anisha_manyar@yahoo.co.id , terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  172. Informatif bgt mas sharingnya :)
    Boleh tolong kirimkan ke email saya jg ya mas longmannya
    ryanaambarwati92@gmail.com thankyou anyway...

    ReplyDelete
  173. Halo kak Randy, makasih banget infonyaa, saya juga berminat nih sama PDF longmannya, tolong dikirim linknya ke desy.puspitaa@gmail.com dong, terimakasih:)

    ReplyDelete
  174. Assalamu'alaikum
    Mas Randy salam kenal :)
    Boleh minta longmannya?sekiranya berkenan tolong kirim ke yenianggraeniputri@gmail.com ya...
    Terimakasih banyak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tes Alergi

Tes TOPIK di JIKS