Tes TOPIK di JIKS


Hallo! 안녕하세요?

TOPIK (한국어능력시험) singkatan dari Test of Proficiency in Korean. TOPIK dan EPS-TOPIK itu berbeda ya. Sertifikat EPS itu biasanya digunakan sebagai persyaratan bekerja di Korea. Sedangkan TOPIK bisa digunakan untuk melengkapi dokumen persyaratan Visa F6 atau persyaratan untuk sekolah/kuliah di Korea. Sedangkan tujuan saya mengikuti TOPIK hanya untuk mengukur kemampuan sendiri dalam berbahasa Korea.

Sejak tahun 2014, format TOPIK dibagi menjadi TOPIK I (beginner level) dan TOPIK II (advanced level). TOPIK I untuk level 1 dan 2. Sedangkan TOPIK II untuk level 3 s.d. 6. Di TOPIK I tesnya hanya Listening dan Reading. Sedangkan TOPIK II ada 3 sections: Listening, Reading, dan Writing. TOPIK I dan II tidak ada test Speaking. Masa berlaku sertifikat TOPIK adalah 2 tahun. Biasanya TOPIK I diadakan pagi hari sedangkan TOPIK II diadakan siang hari (jadi kalian bisa saja ikut TOPIK I paginya dan TOPIK II siang harinya). Test-nya juga selalu diadakan di hari Minggu. Hasil test biasanya akan keluar sebulan kemudian, dan bisa dilihat score-nya di website www.topik.go.kr


Penilaian TOPIK I
1st level: Score diatas 80. Mampu menggunakan percakapan dasar yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari seperti perkenalan diri, belanja, memesan makanan, dan lain sebagainya. Dan juga mengerti konten yang behubungan tentang diri sendiri, keluarga, hobi, cuaca, dan juga mampu membuat kalimat sederhana berdasarkan 800 basic vocabulary dan mengerti tata bahasa dasar. Mampu mengerti kalimat sederhana yang berguna untuk kehidupan sehari-hari.

2nd level: Score diatas 140. Mampu menggunakan percakapan sederhana yang behubungan dengan rutinitas sehari hari seperti menelepon, meminta bantuan, dan juga menggunakan fasilitas umum. Mampu menggunakan sekitar 1,500 s.d 2.000 kosakata dan mampu menggunakan bahasa formal dan informal sesuai dengan situasinya.

Struktur Pertanyaan TOPIK I
Tipe pertanyaan-nya adalah pilihan ganda dengan total score tertinggi adalah 200. Untuk section pertama, Listening berjumlah 30 pertanyaan, waktunya 40 menit. Sedangkan Reading berjumlah 40 pertanyaan, waktunya adalah 60 menit. Total 100 menit untuk 70 pertanyaan. Khusus untuk Indonesia (dan Negara-negara Asia) termasuk dalam pertanyaan type B dan selalu diadakan di hari Minggu.

Pendaftaran TOPIK
TOPIK di Indonesia hanya diadakan 2 kali setahun yaitu setiap bulan April dan Oktober. Tapi deadline pendaftaran untuk yang bulan April biasanya sudah ditutup di bulan Januari dan untuk yang test bulan Oktober, deadline pendaftaran ditutup di bulan Juli. Makanya kamu harus rajin cek jadwal test TOPIK disini: Jadwal TOPIK atau kamu bisa kontak langsung ke salah satu penyelenggara resmi test TOPIK yaitu Jakarta International Korean School (JIKS/ 자카르타 한국 국제 학교). Cara daftarnya tidak bisa online, jadi kita harus datang langsung ke JIKS.

Sebelum kalian datang ke JIKS untuk mendaftar TOPIK, berikut dokumen yang harus kalian siapkan:

1. Fotokopi KTP (2 s.d 3 lembar)
2. Pas Photo 3x4 (2 s.d 3 lembar)
3. Uang pendaftaran Rp. 150.000 (TOPIK I) / Rp. 250.000 (TOPIK II)

Untuk kalian yang daftar di JIKS, ruang pendaftaran ada di Gedung SD Lantai 2 bagian administrasi. Nantinya kalian akan mengisi formulir TOPIK dan formulir pembayaran. Pastikan kamu sudah tau nama kamu dalam tulisan Hangeul. Setelah itu, kalian akan diberikan bukti pembayaran untuk nantinya dibawa saat hari ujian.

Alamat Jakarta International Korean School:
Jalan Binamarga No. 24, Kelurahan Ceger, Cipayung, Jakarta Timur 13820
Telepon: +6221 8444958

Nah, untuk kalian yang di luar kota Jakarta, bisa coba email ke jiks@jiks.com atau telepon ke +6221 844-4958 / Ms. Jeon (Ext.153), Ms. No, Myeonghwa (Ext. 343) atau Ext. 202 untuk tanya proses pendaftarannya supaya kalian bisa kirim dokumennya ke JIKS dan tidak perlu datang ke Jakarta hanya untuk pendaftaran.

Penyelenggara tes TOPIK yang resmi selain JIKS:
Yogyakarta di Universitas Gadjah Mada (UGM), contact +627-451-3096 (Ext. 223)
Bandung di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), contact +62 821-1566-6969
Bali di Bali Korean School, contact +62361464333

Persiapan TOPIK
Latihan paling mudah sebelum tes TOPIK adalah dengan belajar lewat soal-soal yang pernah dipakai di tes-tes sebelumnya. Saya pun belajar hanya dari contoh-contoh soal dari TOPIK 35th sampai dengan TOPIK paper yang tahun lalu (TOPIK paper 34th ke belakang berbeda format dengan yang sekarang). Kalian bisa download contoh-contoh soalnya disini: Previous Test Paper atau kalian bisa comment di bawah untuk minta ke saya PDF + Audio dari beberapa tes-tes TOPIK yang sebelumnya.

Hari Test 
Tepat hari Minggu tanggal 17 April 2016 kemarin, saya akhirnya ikut tes TOPIK I di JIKS. TOPIK yang saya ikuti adalah TOPIK ke-46. Tes diadakan jam 9:10 dan biasanya harus sudah datang sebelum jam 8:30 untuk registrasi ulang. Usahakan jangan sampai telat dan jangan lupa juga bawa katu identitas dan bukti pembayaran saat hari tes. Sebelumnya kita harus registrasi ulang untuk tukar bukti pembayaran kita dengan kartu ujian yang sudah tercantum No. Registrasi (yang nantinya bisa dipakai untuk cek hasil test di website TOPIK).

Saya kebetulan dapat posisi kursi di paling belakang. Satu kelas ada 25 orang peserta ujian, tapi akhirnya ada 4 orang di kelas saya yang tidak datang. Setiap kelas ada 2 pengawas, dan sebelum tes, pengawas akan melakukan pengecekan kartu ujian dan kartu identitas (KTP/Paspor/KITAS) yang kita gunakan saat pendaftaran. Selain itu, semua HP wajib dikumpulkan dalam satu koper. Sebelum tes dimulai lebih baik ke toilet dulu. Karena saat sudah di kelas, kita akan ditemani pengawas saat ingin ke toilet.

Tidak perlu membawa alat tulis apapun. Alat tulis akan disediakan oleh penyelenggara tes yaitu berupa spidol khusus computer dua sisi, sisi satu untuk menulis, sisi satunya lagi untuk melingkari jawaban di tes Listening dan Reading. Sedangkan tipe-x ada di meja pengawas, dan kamu harus memanggil pengawas setiap ada yang mau di-tipe-x.

Jam 9:30 tes dimulai dan selesai tepat jam 11:10. Selama tes dan sebelum tes kita cukup angkat tangan, kalau ada yang mau ditanya atau butuh tipe-x dan tidak perlu beranjak dari kursi. Dari semua jadwal yang ditentukan semuanya tepat waktu, mulai dari registrasi ulang sampai tes dimulai, dan tes selesai. Akhirnya tanggal 26 Mei 2016, 15:00 (KST) hasil test untuk TOPIK ke-46 keluar di website resmi TOPIK.

Sebenarnya semua informasi lengkap bisa kalian liat di www.topik.go.kr Tapi karena kurangnya informasi untuk proses pendaftaran TOPIK di Indonesia, akhirnya saya putuskan untuk menulis di blog ini. Semoga bisa membantu untuk kalian yang sedang cari-cari informasi tersebut. If you have any further question, do not hesitate to ask me on the comment box below :) Good luck for the test! ^^

Comments

  1. Halo, makasih banyak ya info test TOPIKnya ^^ btw sertifikat TOPIK itu berlaku sampe berapa tahun ya? O iya, boleh tahu emailnya? 정말 감사합니다

    ReplyDelete
  2. Selamat pagi kak..
    Bagaimana tes nya ? Kalau boleh tahu, dapat score berapa ??
    Kak, boleh minta pdf dan audio untuk soal" topiknya ??
    Email : na.tush@yahoo.com
    Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi :)
      Maaf baru bales. Sudah di-email ya barusan.

      Delete
    2. Kak, boleh minta pdf dan audio untuk soal" topiknya ??
      Email : sucighina@gmail.com
      Terimakasih..

      Delete
  3. Mau tanya apakah untuk tes TOPIK bisa milih mau yang TOPIK 1 atau 2 ? Atau harus TOPIK 1 dulu baru bisa TOPIK 2 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ikut TOPIK II ngga harus ikut TOPIK I dulu.
      jadi, kalau ngerasa yakin kemampuannya udah cukup, ya langsung aja ikut TOPIK II.
      malah kalau mau ikut dua2nya juga bisa.

      Delete
  4. kak boleh minta contoh-contoh soal TOPIKnya gak.. terima kasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh :) email ke?

      Delete
    2. Bolehkan aku juga minta kak?^^

      Delete
    3. Boleh minta soalnya kak?
      Email nellyrachmawati24@gmail.com

      Delete
  5. ke adzkiahnab@gmail.com waaah makasih banyak ya ^^

    ReplyDelete
  6. kak, boleh minta contoh soal TOPIKnya gak? aku udah daftar tes TOPIK di UGM buat yang Agustus di email disini ya kak, pujiaudina.lestari@gmail.com. 감사합니다~^^

    ReplyDelete
  7. halo kak, boleh minta contoh soal topiknya? emailku rooannie99@yahoo.com

    ReplyDelete
  8. Halo kak, boleh minta contoh soalnya kak?
    Emailku muspbg@gmail.com

    ReplyDelete
  9. nice share kak,
    boleh sharing soal-soal TOPIK? bisa kirim ke januagengnugroho@gmail.com

    ReplyDelete
  10. boleh share soal-soal topiknya? email ke rahmanputrabangsaindonesia@gmail.com.. terima kasih

    ReplyDelete
  11. 안뇽 ㅋㅋㅋ .ka boleh minta cnth soalnya ?? . Email ke kaniaharu@gmail.com 고마워용~~

    ReplyDelete
  12. yah saya telat nemu blog ini :'(.. infonya bagus gan! sertifikatnya bisa buat daftar kuliah dsana kan? ohya, saya jg mau soalnya ya.. mhn kirim k kinantiastarini@gmail.com . neomu kamsahamnida

    ReplyDelete
  13. Hi Randy..blognya sangat inovatif. Mampir kesini karena baru mau daftar kelas bahasa korea kcc sesi 15.
    please keep update ya

    ReplyDelete
  14. kak boleh minta contoh soal Topik? ke tiaraarsitektur@gmail.com makasih :)

    ReplyDelete
  15. baca tulisannya jadi deg2an, saya udah daftar buat tes oktober di UGM. kalau boleh saya bisa dibantu kirim contoh2 soal plus audio nya ke email saya di : erellya.wahyudi@gmail.com ? Terima kasih banyak sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek email-nya ya :) udah dikirim barusan

      Delete
    2. Kak bagi contoh soal topiknya dong!!! Terimakasih

      Delete
    3. hallo ka, aku minta contoh soal topiknya dong:v baru baca sehabis 4tahun berlalu hehe, kirimnya ke email sivaaulia68@gmail.com
      semoga masih ada^^

      Delete
  16. ka boleh minta soal soal topiknya tidak ke ke email tazkia3007@gmail.com . terima kasih

    ReplyDelete
  17. Hallo, thanks ya buat infonya. Btw aku minta contoh soalnya dong, kirim ke sqomar.anes@gmail.com 감사합니다

    ReplyDelete
  18. Makasih kak untuk infonya.
    Boleh minta contoh2 soal sebelumnya kak?
    (gdaniaar@gmail.com)
    terimakasih kak :)

    ReplyDelete
  19. makasih postingannya. informatif banget. sering googling tentang tes topik tapi yang keluar eps topik. mau juga dong minta contoh2 soalnya. ojaraudhah73yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 :)
      sudah di-email ya. semoga bermanfaat

      Delete
    2. Udah diterima:) 감사합니다

      Delete
  20. Halo kak, boleh minta contoh soalnya kak?
    Emailku variviana@gmail.com
    Thanks before kaak

    ReplyDelete
  21. Makasih infonya kaa, btw boleh minta soal topiknya ga ? Ini emailnya ka syifayoung797@gmail.com

    ReplyDelete
  22. hallo kak saya mau tanya, rencananya saya mau ikut topik bulan november nanti. saya udah ngirim email ke jiks nanyain soal pendaftaran kalo bukan domisili di jakarta tapi belum ada balesan. kakak tau tempat pendaftaran lainnya selain jiks ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya next test itu bulan Oktober ya? Pendaftarannya kan udah ditutup tgl 27 Juli kemaren.

      Selain di JIKS, cuma ada di Bandung, Bali & Jogja. (udah ditulis diatas)

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Kak sya mau nanya.
    Beasiswanya klo untuk kuliah ditentuin jurusannya atau kita boleh pilih sendiri.
    Trs IPK min. Brapa kak ?
    Terimakasih sebelumnya. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaannya terlalu general. tergantung mau apply ke beasiswa mana. beasiswa S1 atau S2. beasiswa kuliah di korea kan ngga cuma satu.

      Delete
  25. Anyyeing haseyo Randie ssi. Nice info bangett.. Gomawoyo..
    =)
    Yah.. berarti kalau sekarang mau daftar buat ikut test TOPIK udah gak bisa yah? terakhir ikut test April 2012 lalu & gak tau cara print sertifikatnya. Makanya ingin ikut test lagi..
    Saya bener2 pengen ambil test lagi, klo tahun ini udh gak bisa, any tips gmn buat daftar (supaya gak ketinggalan lagi)?
    Kalau boleh, saya mau contoh2 soalnya. Bisa diemail ke mega.suryani@gmail.com

    Terima kasih banyakkkkk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan2 saya post ya tentang cara print score report dan convert ke PDF. Soalnya beberapa situs Korea agak unik. Mereka lebih 'friendly' dgn browser Internet Explorer.

      Tipsnya ya cek terus aja jadwal TOPIK. 2 kali setahun. Daftar bulan Januari utk tes bulan April. Daftar bulan Juli utk tes bulan Oktober. Tiap tahun selalu kayak gitu kok.

      Delete
  26. Siang kak, boleh minta tes topiknya gak.. insyaAllah sy mau ikut tes tahun depan, ivana.anjas23@gmail.com terimakasih kak :)

    ReplyDelete
  27. Kak boleh minta contoh soal tes topiknya? Ke safitrikartika@yahoo.com
    Terimakasih kak :)

    ReplyDelete
  28. pagi kak, boleh minta soal test topiknya? tolong kirim ke fmbot23@gmail.com, 감사합니다

    ReplyDelete
  29. kak test topik cuma ada di jakarta aja kah? atau di kota lain juga ada? dan juga kalau boleh saya mau minta contoh soal TOPIK nya kirim ke email amirah.ivena@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan udah ditulis diatas. selain Jakarta, ada di Bali, Jogja, dan Bandung.
      udah di-email ya papernya.

      Delete
  30. malem kak, boleh minta soal tes topiknya? insyaallah oktober depan aku mau ikut tes diUgm. tolong kirim ke wahyunkactus@gmail.com makasih kak atas bantuannya.

    ReplyDelete
  31. Nice info bgt kak, dari kemaren nyari info ttg TOPIK, banyak ketemu ttg EPS-TOPIK. Kalau boleh, saya mau minta contoh soal TOPIK nya kak. Bisa di email ke atifah98@gmail.com, 감사합니다.^^~

    ReplyDelete
  32. Halo.. sy mau ikut test topik nih tapi berhubung pendaftaran udah closing. Jd tunggu tahun depan deh.. sy boleh minta contoh test audionya ga ya? Klo boleh sekalian sm writingnya hehehe... mksi sblm n ssdhnya. Berikut email sy: nunna.hayat@gmail.com.
    Thks a lot.

    ReplyDelete
  33. Hai,,,

    Saya Asni, thanks banget tulisannya, informatif banget. Oh ya, boleh tau apakah penyelenggara tes TOPIK buka kursus intensif untuk persiapan tes, gak?

    Boleh dong, saya di email juga contoh tes TOPIK dan audio nya, sambil belajar otodidak dulu.
    Email saya asnisang@gmail.com
    Makasih banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! :)
      Setau saya sih ngga ada kursus persiapan deh.
      Udah di-email ya paper-nya.

      Delete
  34. Halo kak..
    informasinya berguna banget nih soalnya kalau searching soal pendaftaran test TOPIK gitu sedikit banget yang jelas..
    mau dong kak tips and trick buat persiapan sama waktu test TOPIKnya..
    oh iya, aku juga tertarik daftar test buat tahun depan..
    boleh minta materi2 buat test TOPIKnya gak kak?
    email aku astrid.totiez@gmail.com
    makasih banyak sebelumnya :D

    ReplyDelete
  35. Halo Kak Randy! Boleh minta past paper TOPIK nggak kak? Email aku itsfebrihnd@gmail.com ���� Makasih Kak ����

    ReplyDelete
  36. Halo. TOPIK yg pendaftaran bulan september tidak berlaku di indonesia ya?
    Saya lihat yg bagian asia, ada yg september untuk ujian november.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih di Indonesia cuma 2x setahun.

      Delete
  37. Thank kak infonyaaa, mau juga dong kak puspaa30@gmail.com

    ReplyDelete
  38. Kak boleh minta soal"nya?:) dikirim ke dinirahma28@gmail.com , makasih kak��

    ReplyDelete
  39. Halo, Randy. Terima kasih atas infonya soal tes TOPIK. Btw, saya sudah email kamu untuk request contoh soal TOPIK. Terima kasih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi :) udah dibales ya emailnya.

      Delete
  40. halo kak Randy..
    terima kasih banget ya kak atas infonya
    saya berencana tahun depan ikut tes topik..
    boleh kan kak saya minta soal2 nya dari kakak ke email
    lolitanovidamanik@gmail.com
    makasih kakak.. ^_^

    ReplyDelete
  41. halo kak, boleh minta contoh2 soal tes topiknya? boleh di email ke devi3424@gmail.com makasih kak:))

    ReplyDelete
  42. Hai kak randy. wah, makasih banget atas info soal TOPIK nya. boleh saya minta contoh soal2 TOPIK yang lalu" nya? mohon di email ke aprilliana.putri0411@gmail.com

    makasih banyak ya kak :)

    ReplyDelete
  43. oh iya aku juga mau tanya, kakak udah sampai level sejong berapa ya waktu mau ikut tes TOPIK ini? Makasih lagi sebelumnya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu pertama kali ikut tes TOPIK udah lulus sejong 1.. dan lagi belajar di minggu ke-7 di sejong 2 :)

      Delete
  44. Annyeonghaseyo..
    Aku novii,tahun depan lanjut kuliah di Korea. Tahun ini lg persiapan b.Korea.
    Bsa gak kirimin cntoh soal topik di email Sy novianaastutiirnasakir@gmail.com
    Gomawo

    ReplyDelete
  45. hai kak, rencananya taun depan saya mau ikut TOPIK nih. boleh minta soal2 nya ga? ini email saya ismifh2705@gmail.com

    oh ya kakak belajar bakor nya les atau otodidak? terima kasih.

    ReplyDelete
  46. halo kak, aku rencananya mau ikut tes tahun depan. boleh minta soal soalnya gak kak? email ke yehet.deer.hunhan@gmail.com

    terimakasih banyak kak:)

    ReplyDelete
  47. Halo kak, saya rencana mau ikut TOPIK I april 2017 nanti. Daftarnya max januari nanti berarti? Boleh minta materi & soal-soal plus audio ke abiemakbapak@gmail.com ? Thanks kaa!

    ReplyDelete
  48. Kak boleh minta soal2 dan lain, saya mau ikut untuk tahun depan.
    Kirim ke ikawahyu79@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  49. Hallo kak boleh minta contoh soalnya? Klo boleh tlg kirim ke email ini ya kak correia.bernadete@gmail.com
    Mksh kak :)

    ReplyDelete
  50. Hallo randy, aku mau juga ya soal sama audionya.
    Mimi.hufflepuf@gmail.com
    Thx banget :)))

    ReplyDelete
  51. halo randy, aku juga mau soal dan audio dari tes2 sebelumnya ya. Bisa dikirim ke email aku : setianingrum.rina@gmail.com. thanks yaa..

    ReplyDelete
  52. kak boleh minta contob soal+audio nya?
    kirim ke email ku pertiwi.ajeeng@yahoo.com
    makasih kakkkk:D

    ReplyDelete
  53. Gan, terima kasih blog'a.

    Saya berkeinginan meminta beberapa contoh soal TOPIK.
    Mungkin bisa dikirim langsung ke email saya, billydjoetiwow@yahoo.com ~

    Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  54. Hallo kak Randy... aku boleh minta contoh soal + audio TOPIK?
    kirim email : dhanurdara@gmail.com
    makasih kak sebelumnya..

    ReplyDelete
  55. makasih infonya ! boleh minta contoh soal topiknya ke email banihasri@gmail.com? kamsahamnida !

    ReplyDelete
  56. Mas Randy, aku minta soal2 + audionya dong. Kirim via email: afachrizal.248@gmail.com Nuhun! :)

    ReplyDelete
  57. 안녕하세용�� Saya mau minta soal dan audio juga dong .. kirimin lewat email saja ya adelinaleliana99@gmail.com .. sebelumnya 너무 감사합니다아아 ������

    ReplyDelete
  58. Salam. Terima kasih banyak sudah berbagi pengalamannya ya. Sukses terus dengan kemampuan bahasa Koreanya. Kalau boleh saya juga mau dikirimkan soal PDF + Audionya^^ ini email saya dewips15@gmail.com. Terima kasih banyak..

    ReplyDelete
  59. Kaka,kalau cuma ikut TOPIK I aja gimana ?atau harus ikut dua2nya ?
    Saya mau juga donk ka dikirimin cntoh soal PDF+Audionya.
    Email : karimahrima77@gmail.com

    Terimakasih sebelumnya ^.^

    ReplyDelete
  60. 안넝하세요 Makasih banget kak infonyaaaa, emang rada susah ya nyari review tentang TOPIK 😢, btw aku minta PDF + Audionya dong kak. Mau coba buat bulan April nih.
    Emailku, hagrinazkia@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya, sukses terus kak 😊😊

    ReplyDelete
  61. Sore kak randy, tulisan kak randy membangkitkan impian saya lagi untuk bisa kuliah d korea kak... saya juga mau banget kak di kirimi PDF+audionya...
    Ini email saya : hadiyanaimah@gmail.com
    정말 감사합니다 랜디 오빠..

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng bacanya :) semoga impiannya tercapai yaa.. udah di-email barusan papernya.

      Delete
  62. wahh,, saya juga sering main ke kcc ka wkwkwk tpi nd ikut kursusnya bayar soalnya hihihihihih di kampus saya juga ada les b.korea dari KOICA heeee, boleh dong ka soal-soalnya, kalau boleh saya monta nomer wa kka atau id line ada nda?
    hanahsan18@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. emang di kampus kamu les bahasa korea nya gratis? atau lebih murah dari KCC?
      kapan2 kalo maen ke KCC ketemuan ya.

      barusan udah diemail papernya :)

      Delete
  63. gratis ka, tiap tahun emang uinjkt ngadain seleksi buat yg mau ikut kls b.korea,pengajarnya native dari korea, cerita dikit nih, pas minggu kmren kan aku nunjukin jalan terobosan pulang ke apartemennya di dpn polsek ciputat, dari kampus dua kertamukti, iya lumayan jauh sih utk org indo wkwkwk, katanya klo jalan kaki di indonesia ngeri , banyak motor, pejalan kaki kayak nd di pentingin wkkwkw, aku hanya ketawa wkkwk, iya lah ciputat tiap hari macet wkwkw. pake buku "인도네시아인을 위한 한국어" bahasa korea terpadu untuk orang Indonesia. ada jg sih di kcc, tpi sering dipinjem ama anak kelas bahasa disonoh -_ wkwkw. aku maen nya tiap hari sabtu k, balikin buku.
    iyah udh masuk ka papernya, 고맙습니다 형아 ㅋㅋㅋㅋㅋ

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah! enak bgt!
      aku yg bukan mahasiswa/alumni uin bisa ikutan seleksi juga ngga? :p
      aku juga dulu setiap sabtu ke KCC nya. tapi sekarang les nya belum lanjut lg.

      Delete
  64. nd bisa ka wkwkwk :D
    iyak lumayan sih ka, bisa ada pengalaman ngomong langsung dgn org korea, meski masih taraf abal abal, pasti klo ngomongnya pake bahasa banmal selalu dibilang, "dasar banyak nonton drama,its okey lah" wkwkwk...... Cie sibuk ke luar negeri bae nih ye :p

    ReplyDelete
  65. Hallo. Blognya informatif sekali. Saya boleh dikirimkan soal-soal TOPIK sebelumnya? Kalau boleh tolong diemail ke laleananda@gmail.com ya.

    Terima kasih banyak. Semoga bisa terus menghasilkan tulisan-tulisan informatif seperti ini :)

    ReplyDelete
  66. Hai, aku boleh minta pdf dan audionya? hihi mau nyoba persiapan ikut KGSP nih hihi tlg email ke contact.bukboss@gmail.com ya
    gumawo

    ReplyDelete
  67. Sore kak randy, kak aku juga mau minta soal pdf dan soal listening nya. Tolong email ke midori28asari@gmail.com yaa. Makasih kaaaa

    ReplyDelete
  68. Selamat malam Kak. Boleh minta soal-soal TOPIKnya ? kalau boleh bisa dikirim ke alamat email juslianto.amp13@gmail.com Terimakasih

    ReplyDelete
  69. selamat malam kak randy, pengalaman kakak sangat bermanfaat sekali.

    kak, saya boleh tidak minta soal" dan listening topik thn sebelum ny?
    kalau boleh bisa di kirim ke : mutiarahastu93@gmail.com

    terima kasih kak :) sukses selalu :)

    ReplyDelete
  70. malam kak.. boleh minta file contoh soal topik II nya.. ke email therainbow225@gmail.com
    domoo arigatou.. ^_^

    ReplyDelete
  71. maaf kak boleh minta file contoh soal buat topik II nya,, tolong kirim ke wahyunkactus@gmail.com mohon bantuannya kak.

    ReplyDelete
  72. salam. Terimakasih atas informasi yang diberikan, sangat membatu sekali. saya berencana untuk menambil kursus bahasa korea dan sedang mencari tahu bagaimana tes TOPIK. senang sekali bisa meneukan blog ini. jikalau tidak keberatan saya ingin meminta contoh soal tes TOPIKnya. email saya : arinhardiantisantoso@gmail.com
    terimakasih banyak.

    ReplyDelete
  73. Waaa akhirnya nemu blog yg bagus ttg topik yg dari dulu ragu mau daftarnya wkwkw. Boleh minta contoh soalnya dan all about TOPIK deh kalo bisa kak hehehe ke email chradarsakha@gmail.com 고맙습니다 란디씨 ^^~

    ReplyDelete
  74. Halo kak, infonya sangat berguna sekali :)

    saya mau dong contoh tes soal TOPIKnya. Kirim ke email ini ya kak ganjar.asandiputra@gmail.com.

    Kamsahamnida~

    ReplyDelete
  75. kak saya boleh minta file soal topiknya kak, kalo boleh tolng dikirim ke alamat email saya y kak?
    emailnya: safriadi.s17@gmail.com

    ReplyDelete
  76. Hallo, Kak.. makasih ya infonya
    aku pengen dong contoh soal topiknya, kirim ke email ini ya kdewia1610@gmail.com ... terimakasih:)

    ReplyDelete
  77. hai kak, aku boleh minta soal2 + audionya juga? emailnya : febts01@gmail.com

    makasih banget sebelumnya ya kak buat info2nyaa~

    ReplyDelete
  78. Halo aku mau ikutan topik bulan april,boleh minta tolong kirim PDF+audionya ke email anisa.indrianti@yahoo.com
    Terima kasih yah,seneng bgt baca blognya detail bgt

    ReplyDelete
  79. hi kak salam kenal
    Baca blog kakak jadi tau tentang TOPIK pengen deh ikut ujiannya, boleh gak kak minta contoh2 soal PDF atau audio ini email aku kak sariputri100623@gmail.com
    Terimakasih kak

    ReplyDelete
  80. Halo kak. Aku mau ikut topik bulan april. Kebetulan aku udah kursus bahasa korea 1 tahun. Insyaallah TOPIK I aku bisa. Tapi gatau sih hehehe.. aku juga mau nyoba TOPIK II tapi kurang PD. kalo boleh aku mau minta informasi detail materi tentang TOPIK I dan II atau contoh soal pdf dan listeningnya di email dyahkwrdn@gmail.com dong kak. mohon bantuannya kak. Terimakasih informasinya:)

    ReplyDelete
  81. kemarin hasil tesnya gimana bro? gw kmren juga ikut alhmdulillah lolos topik 1 level 2. insya allah tahun depan mau nyoba topik 2. penuh persiapan bagi yang mau ikut TOPIK 2, soalnya kata pihak jiks yang lolos topik hanya beberapa. jadi soo semangat. contoj soal bisa di download di website nya langsung. kalau pengen mudah belajar bisa download e-booknya juga. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah lolos juga :) tapi ya harus terus belajar sih.

      Delete
  82. kak boleh aku minta contoh soal TOPIK + Audionya ke emailku sri.yulianti947@gmail.com aku tunggu :-D
    Terimakasih kak~

    ReplyDelete
  83. kak, boleh mnta kirim soal TOPIK ke email ku?.. ayudya779@gmail.com

    makasih

    ReplyDelete
  84. Makasih infonya kak :)
    Boleh minta kirim contoh soal TOPIK 1 dan 2 + audio nya ke emailku? email: rdwifitria@yahoo.com
    Makasih kak :)

    ReplyDelete
  85. terima kasih kak. sangat membantu :)

    ReplyDelete
  86. Terima kasih. Sangat membantu artikelnya

    ReplyDelete
  87. Dear Randy,
    Boleh minta contoh soal-soal dan audio untuk TOPIK? Berikut email saya: sitirobiahadawiyah1@gmail.com
    Terima kasih banyak

    ReplyDelete
  88. Hallo kak,, boleh minta contoh soal dan audio topiknya??
    Mitha9195@gmail.com
    Makasih ^_^

    ReplyDelete
  89. Dear Kak Randy,
    info yg kaka kasih berguna banget kak..
    aku juga mau ngambil tes topik bulan april nanti, boleh minta contoh soal dan audionya??
    ke rasyafp@gmail.com ya kakk, Thankyou^^

    ReplyDelete
  90. apakah daftar topik bisa diwakilkan untuk yang berdomisili di luar kota didakannya tes topik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu dulu aku daftar, ada sih yg nitip didaftarin temennya. tapi temennya itu ikut daftar juga. kalo diwakilin ngga tau boleh atau engga. coba telp JIKS ya.

      Delete
  91. Halo kak randy! Makasih infonya berguna banget ^^ rencananya aku mau ikut tes topik bulan april 2017. Oh iya aku dari luar kota, kalau mau daftar emailin ke JIKSnya apa harus pakai bahasa korea atau bahasa indonesia aja gpp?

    Kalo boleh diemailin contoh soal" topik ke: hello.saskiasesoria@gmail.com

    Terima kasih banyak kak randy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake bahasa indonesia gpp kok. atau biar lebih enak boleh telp kok ke JIKS pas pendaftarannya dibuka.

      udah diemail ya papernya :)

      Delete
  92. Hi~ boleh minta soal-soal topik tahun-tahun sebelumnya?
    saya juga mau ikut untuk test yang bulan april 2017 ^^ ke email ramadhantynp2@gmail.com

    oh iya pasphotonya itu backgroundnya harus putih kah?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sih waktu itu pake background putih. pake kaos malah fotonya. temenku ada yg backgroundnya merah jg gpp. bebas deh kayaknya

      Delete
  93. Hi boleh minta contoh soal test nya nggak, kindly to sent ke email margarethyou87@gmail.com

    ReplyDelete
  94. 안녕하세요 오빠 ��
    Waaah �� informatif bingits!!!
    오빠 mau donk diemailin contoh2 soal tes topik dan audionya. Ke email nuriskuunie@gmail.com ya 오빠.
    Matur nuwun 감사합니다...

    ReplyDelete
  95. halo kak, mau tanya dong kalo daftar ke jiksnya bisa jam berapa dan hari apa aja? soalnya aku kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. di hari kerja dan jam kerja nya JIKS. karena sekolahan, biasanya jam 3 sore udah tutup. ngga bisa daftar di sabtu/minggu walaupun nanti tesnya di weekend

      Delete
  96. oh iya untuk, penulisan nama indonesia ke hangulnya itu bebas terserah kita? atau ada aturannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga ada aturan, tapi ngga bebas terserah kita juga. nama apapun kan bisa ditulis dalam hangeul.
      kalau kamu mau ikut tes TOPIK pastinya udah bisa baca tulis hangeul kan?

      Delete
  97. Halo kak Randy.... Thanks buat info tes Topiknya. Saya rencana mau ikut Topik bulan April, mau coba dan ngetes bahasa korea saya udah sejauh mana hehehe....
    Boleh minta contoh soalnya+audio ke email : dee.astri@gmail.com
    Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  98. Makasih banget kak, artikel nya sangaaat sangat bermanfaat :)))) oiya kak jd ceritanya saya mau dftr utk tes topik ke 52 bulan april 2017 ini, nah jdwl application yg ada di website resmi TOPIK apakah akan sama jdwl pendaftarannya dengan di JIKS? Dan kalau boleh, tolong kirimin soal test dan audionya ke email novarizkanadya@gmail.com

    Terimakasih banyak:D

    ReplyDelete
  99. Hi kak Randy, boleh minta contoh soal test nya?, please kindly sent to novyachan1@gmail.com, thank you so much.

    ReplyDelete
  100. Kak, boleh minta contoh soal TOPIK nya kah? Emailku ledib.aprilansi@gmail.com
    terima kasih sebelumnya, Kak

    ReplyDelete
  101. hi kak mau nanya kalau daftar topik i dan ii berbarengan berarti dokumen yang di submit juga dua ya? apakah ada ketentuan foto harus berwarna?

    dan kalau boleh tolong kirim contoh soal ke eki.tyas@hotmail.com ya kak makasih :)

    ReplyDelete
  102. kak aku minta contoh soalnya dong^^

    ReplyDelete
  103. semail : dewiwardah1997@gmail.com

    ReplyDelete
  104. Terima kasih atas informasinya, Kak.
    Kebetulan saya juga akan (mencoba) mengikuti ujian TOPIk 1.
    Jika berkenan.. bolehkah saya meminta contoh soal dan audionya.
    Sila kirim ke surel pu2d.1993@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  105. Halo ka, kalo boleh mau minta file soalnya dan audionya kaa, email saya muhamadfadlyadendy@gmail.com. terima kasih

    ReplyDelete
  106. boleh minta contoh soal TOPIK beserta audionya kak? email ku indriaa27@gmail.com ya kak, ditunggu emailnya. tengkyuuuu~~

    ReplyDelete
  107. Saya mau juga cth soal dan audionya ya, tolong di email ke pinca@yahoo.com, makasih ya , GBU

    ReplyDelete
  108. Tolong kirim soalnya ke feminine_bgt@yahoo.co.id Termikasih:)

    ReplyDelete
  109. Hallo ka, boleh saya minta file soal topik dan audionya ka.. Tolong kirim ke email saya ya ka.. arisusantikia@gmail.con

    ReplyDelete
  110. Hallo kak randy^^
    Boleh dikirim soal topik pdf sma audionya? *puppy eyes* ke sini yaa kak jackfr58@gmail.com, terima kasih ●♡●

    ReplyDelete
  111. Salam kenal,
    infonya berguna banget, apa bisa dikirimkan soal topiknya yah ke emailku

    waodeeka2@gmail.com

    thanks

    ReplyDelete
  112. makasih kak infonya bermanfaat banget. aku mau juga contoh soal dan audionya dong kak ke email malyntstorm@gmail.com thanks kak

    ReplyDelete
  113. Salam kenal kak. Infonya berguna banget mantapp

    ReplyDelete
  114. Terimakasih banyak loh min, ak jd bs daftar hanya mengandalkan info dari min...btw sy blh minta cth2 soal TOPIK 1&2 ke jessicafengkai@ymail.com?
    Terimakasih..

    ReplyDelete
  115. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  116. Hai kak salam kenal...
    Nice infonya.. Boleh aku mnta contoh soal+audiony..
    emailny anashasusanto@gmail.com
    Makasih kak sebelumny, tetap berkarya..!!!^^

    ReplyDelete
  117. Kak minta contoh2 soal tes topiknya kak email syulloh96@gmail.com makasih kak

    ReplyDelete
  118. wahh terima kasih banyak infonya
    baru dua bulan inib belajar bahasa Korea. Ingin tahu tentang TOPIK, ternyata ada dua TOPIK dan EPS TOPIK.
    Berarti kalau tunjuannya untuk melamar pekerjaan lebih ke EPS TOPIK ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep! EPS-TOPIK untuk melamar pekerjaan di Korea.

      Delete
  119. Hi kak randy!!! Aku daftar tes topik buat april ini di jiks. Sekitar tgl 16 april gitu. Aku udh beli buku panduan tes topik dr tmn aku yg les di KLC. Menurut kakak waktu 2 bln cukup gk ya kak buat persiapan tes topik ini? Hehehe thankyouuu, dan kalo boleh aku minta contoh tes topik kakak dong kak hehe. Kirim ke rezalia.ir@gmail.com ya kakkk, 감사합니다😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai!
      Cukup atau engganya relatif sih.. tergantung kemampuan kamu. tergantung juga berapa lama kamu belajar & latian dalam seminggu. setiap hari? sehari berapa jam? :)

      Udah diemail ya soal-soal TOPIK yg di tahun-tahun sebelumnya. Good luck for the test!

      Delete
  120. siang mas ... no kontak yg bisa dihubungi.
    saya ada beberapa hal yg ingin ditanyakan
    1. saya ada saudara yg ingin ikut test topik. tapi saya telp pihak JIKS katanya sudah tutup dari tgl 15 januari.
    2. informasi yg saya dengar untuk test topik bulan 4 ini hanya ada di JIKS.apa benar demikian?
    3. jika di malaysia ata singapura ada juga dan masih memungkinkan untuk menyusul apakah kiranya anda bisa membantu atau memberi saran dan arahan.
    4. saya ucapkan terima kasih banyak karena saudara saya ini telah menikah dengan orang korea dan syaratnya harus lulus tes topik minimal tahap 1. untuk bisa mengurus visa dan tinggal dikorea

    ReplyDelete
  121. pagi kak randy,
    aku udah les korea dasar selama 1 thn
    mau nyoba ikut tes TOPIK 1

    boleh minta contoh2 soal tes topik ke email ridhiaputri@gmail.com kak ?
    makasi kak ..

    ReplyDelete
  122. Makasih kak infonya, bermanfaat banget yehet. Hehehe.. Kak boleh minta file yang soal tes topik sama audionya ? Kirim ke chanyeolpark202@gmail.com.
    Makasih kak^^, 감사합니다

    ReplyDelete
  123. hai kak ,, pengen ikutan TOPIK juga, kira" untuk belajar persiapan TOPIK berapa lama ya kak?? kak minta contoh soal TOPIK dong :) intankartika47@gmail.com . thanks kakak

    ReplyDelete
  124. Hallo kak. Boleh minta tolong minta pdf dan audio untuk soal" topiknya . trrimaksih bnyk kak. Email : purwatantan@gmail.com

    ReplyDelete
  125. Annyeong haseyo~
    Jeongmal kamsahamnida buat info di blog nya kak,dan bisa nggak contoh soal/pdf dan audio nya dikirim ke email ku kaak ? :)
    Email : Yunilenoranainggolan@gmail.com

    ReplyDelete
  126. Halo Randy, saya lagi plan untuk ambil TOPIK 1 dan TOPIK 2. Persyaratannya kudu sampe TOPIK Level 5 nih.. Level 5 itu masuk TOPIK 2..? boleh share soal2nya..?

    Thank you ya..

    dindaayuhapsari (at) gmail.com

    Thank youu

    ReplyDelete
  127. hallo kak, aku rencana mau ujian TOPIK I taun ini
    boleh minta contoh2 soal sama audionya?
    tolong kirim ke bebeb.oenyeoh@gmail.com ya
    makasih

    ReplyDelete
  128. Boleh minta cont.soal2 TOPIK na Kak...

    faridristik@yahoo.com

    ReplyDelete
  129. Kak aku minta soal soalnya ya ^^
    Alifiarizky1315@gmail.com

    ReplyDelete
  130. Siang kak, boleh minta tes topiknya? bisa dikirim ke angeline.aprilina@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
  131. Halo Mas Randy, informasinya sangat bermanfaat. Mas, kalau ngga repot saya mau juga soal2 TOPIKnya Mas, bisa ke sofiamariana@rocketmail.com
    Mas, sekalian nanya tempat les bahasa korea yang recommended di mana ya? thx in advance..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo! udah diemail ya papernya :)
      kursus aja di Korean Cultural Center Indonesia. recommended.

      Delete
  132. 안녕하세요 선배님..
    Boleh minta email pdf dan audio TOPIK sebelumny? Rencna aku mau ikut yg oktober ini, semoga aja sukses seperti 선배님 ^^ eryn.erythrina@gmail.com
    정말 감사합니다...

    ReplyDelete
  133. halo kak aku boleh minta tolong kirimin soal-soal TOPIKnya ngga ke rifdaahaha@gmail.com, terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  134. Kak, kalo misalnya masih blm punya ktp, ganti apa? Fotokopi paspor?

    ReplyDelete
  135. 안녕하세요 란디 씨~
    제가 한국어 조금 밖에 못 하지만 한국어 더 열심히 공부려고 하는데,
    그래서 그 PDF는 제 이맬을 보내 주세요
    내 이맬은 amatullohwajihah@gmail.com
    기다려 줄게요
    감사합니다~

    ReplyDelete
    Replies
    1. 안녕하세요 ^^ 저는 PDF를 보냈어요. 제 블로그를 방문해 주셔서 감사합니다.

      Delete
  136. Selamat siang kak...
    Aku boleh minta contoh soalnya gak kak> email aku sasasayidah13@gmail.com
    Thanks Before
    Have a nice day ^^

    ReplyDelete
  137. Halo kak..
    Aku mau minta file soal topik..
    Email aku chinta@live.com.au
    Thanks kak

    ReplyDelete
  138. halo kak, mau nanya nih. Aku lagi nyari kursus korea yang oke dan masi terjangkau. Tadi aku baca komen2nya, kakak nyaranin di Korean Cultural Center Indonesia.. Kalo les disitu emang kelasnya cuma buka dibulan tertentu ya kak? mohon infonya seputaran kursus bahasa korea dong kak, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo! saya pernah tulis blog tentang KCC. silakan klik link ini: https://randyafr.blogspot.com/2016/01/kursus-bahasa-di-KCC.html :)

      Delete
  139. kak Randy, aku boleh minta copy soal topik juga gak? hehehe kakak belajar pakai buku yg pengarangnya siapa? makasih kak 😊😊 machnisa@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo! Sudah diemail ya. Saya belajar hanya lewat soal-soal.

      Delete
  140. Halo kak. Mau minta alamat emailnya boleh? Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan via email tentang KGSP via University Track. Terimakasih :)

    ReplyDelete
  141. Halo boleh minta soal soal untuk latihan topik? Saya mau ikut tes topik bulan april tahun ini.. ini email saya febrychrisna3@gmail.com terima kasih yaa

    ReplyDelete
  142. Kak boleh minta soal TOPIK, PDF & listeningnya, kalau boleh ini alamat email saya
    ysetianingsih31@gmail.com 감사합니다

    ReplyDelete
  143. Kak boleh minta soal TOPIK, PDF & listeningnya, kalau boleh ini alamat email saya
    ysetianingsih31@gmail.com 감사합니다

    ReplyDelete
  144. Kak boleh minta contoh soal dan audio nya? Kalo boleh tolong krm kan ke email saya indahnuryani09@gmail.com, terima kasih kak.

    ReplyDelete
  145. Kak,, makasih buat tulisannya, sangat membantu. oh ya kak, boleh minta soal TOPIK (PDF and audionya) kak,, ini email saya kak reniprabunita@yahoo.co.id. makasih kak...

    ReplyDelete
  146. selamat siang kak, terimaa kasih atas tulisannya, sangat menarik dan membantu, kak boleh minta SOAL TOPIK PDF dan AUDIO kak, ini email saya kak novitaloka0802@gmail.com
    terima kasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
  147. halo kak...boleh mintak contoh soal TOPIK PDF dan AUDIO kak? emailnya : yusraini63@gmail.com
    terimakasih kak...

    ReplyDelete
  148. Kak boleh minta tolong kirimlan soal Topik dan audionya kak ke alamat email vivi.irine22@gmail.com.. Terima Kasih..

    ReplyDelete
  149. Kak soal Topiknya,..boleh dipinjem gak ? Buat belajar audio sama topiknya ke pearl.irbell10@gmail.com. makasih

    ReplyDelete
  150. Hallo kak dan teman2 semua.. saya mau tanya, setelah selesai test bisa langsung pulangkah ? atau adakah beberapa instruksi lg dr pihak penyelenggara setelah test? soalnya saya dr luar jawa dan buru2 hrs lgsg pulang.. makasihh.. mohon jawabannya...

    ReplyDelete
  151. Hi Kak.
    sebelumnya terimakasih sudah mau share informasi tentang tes topik di jiks. manfaatnya luar biasa kak untuk sumber informasi bagi aku, kalau tidak keberatan boleh aku minta ulasan soal-soal tes topik. kebetulan aku minat test topik 1 kak. kalau berkenan bisa kaka kirim ke alamat email aku? Yulirrr2@gmail.com
    Terimakasih Kak Sukses Selalu^^

    ReplyDelete
  152. kak boleh minta contoh-contoh soal TOPIKnya gak.. terima kasih ^^ email ke afhni27@gmail.com

    ReplyDelete
  153. Wah, baru nemu kak, blog yg bermanfaat banget, ,
    Ternyata udh d post 2 thn lalu,,
    Dari bnyaknya permintaan bantuan tuk kirim soal latihan plus audio,, lebih baik kk cantumin aja d blog kk,,
    Kk juga pasti lagi sibuk,,
    Biar nggk ribet kak
    😊
    Salam kenal ya kak,,

    Btw, penasaran, ehehe,,
    Kk sekarang sdh d korea kah??

    ReplyDelete
  154. Hallo ka ... Terimakasih informasinya bermanfaat sekali.. tercana aku mau ikut tes topik bulan April boleh minta contoh soalnya ka ini email ku winagunawan99@yahoo.co trimakasih

    ReplyDelete
  155. Halo kak,, Boleh minta email pdf dan audio TOPIK nya?? terima kasih..
    emailku: galeri.pitaloka.klasik@gmail.com
    sama mau nanya,, untuk tes topik di surabaya apakah blm ada ya kak??
    kalau misal sudah ada, dimana y kak??

    ReplyDelete
  156. HALLO kak... bisa minta file pdf + audionya? ekanurahmah@gmail.com

    ReplyDelete
  157. Halo kak, terima kasih banyak atas infonya. Susah banget cari info tentang test TOPIK di Indonesia:( aku boleh minta file pdf dan audionya ga kak? Bisa di email ke onepanjaitan@gmail.com Makasih banyak kak sebelumnyaaa.

    ReplyDelete
  158. Aku baru nemu ini blog dan bener-bener ngebantu banget infonya kak!! Kalau boleh aku minta pdf+ audionya kak, bisa kirim ke email syfnshf@gmail.com. Makasih banyak kak! !��

    ReplyDelete
  159. Kak boleh minta pdf dan audio nya tes topiknya kak.bisa di kirim ke email vivinnuraini13061995@gmail.com. terimakasih

    ReplyDelete
  160. Lagi butuh bahan latihan tes topik bhs korea nih utk persyaratan kuliah di korea siapa tahu lolos seleksi. bisakah kirim contoh soal ke email sy. Tks.

    ReplyDelete
  161. Kak.. aku mau ambil tes TOPIK 3 bulan agustus nanti.. boleh minta filenya? terimakasih

    email : atmauswan9@gmail.com

    ReplyDelete
  162. hii ka.. boleh minta soal soal topik nya ga? hehe email kesini aja ya ka. dinatanjung13@gmail.com . terimakasih kaaa..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tes TOEFL ITP

Tes Alergi